Sabtu, 17 November 2012

0 Pengobatan tradisional

Pengobatan tradisional penderita lecet adalah dengan cara membersihkannya menggunakan antiseptik ringan seperti hidrogen peroksida, kemudian menutupi kulit yg terluka itu dgn salep antibiotik serta pembalut kering. Namun, telah ditemukan bahwa penggunaan antiseptik seperti hidrogen peroksida sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan mengganggu proses penyembuhan.
Lecet dapat menjadi infeksi, maka Anda harus membersihkan daerah tersebut secara menyeluruh serta menghilangkan kotoran-kotorannya. Idealnya, teteskan pada daerah ini dengan surfaktan beracun seperti natrium klorida. Setelah lecet dibersihkan, gunakan pembalut semipermeabel seperti tensoplast, hansaplast atau Kulit Bioclusive untuk menutupinya.

Gantilah setiap beberapa hari. Hal ini untuk menjaga kelembaban luka agar cepat sembuh. Lingkungan yang lembab mempercepat penyembuhan, meningkatkan pembentukan jaringan baru dan melindungi daerah tersebut dari Tetanus.
Tetanus adalah penyakit infeksi akut dimana otot-otot sukarela menjadi kejang. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh menginjak paku berkarat, tetapi juga dapat berkembang pada luka di mana daging terkoyak atau terbakar.

Obat untuk membantu menyembuhkan kulit lecet adalah Salep Antiseptik dari tumbuhan alami (Lidah buaya, Minyak Jojoba, vitamin E) membantu menyembuhkan luka dengan cepat serta mengurangi kemungkinan borok.

Pada luka dalam, lapisan kulit yg rusak akan sembuh dari lapisan dalam ke lapisan permukaan dan dari tepi luar ke pusat ketika proses penyembuhan dimulai, daerah yg terluka mungkin akan terlihat merah muda dan mentah, tetapi setelah itu luka akan membentuk kulit baru yg berwarna merah muda dan halus.
 

Rudi RPL - |- SMK Hasan Kafrawi JEPARA- |- Powered by Rudi muhammad